Selasa, 15 Oktober 2013

TERATAI


Teratai (Nymphaea) merupakan tanaman air. Bunga terdapat di atas permukaan air, kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih hingga kuning), daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi. Bunga mekar sehari penuh sejak pagi Hingga sore hari. Setelah layu, mahkota,bunga berguguran sampai akhirnya tersisa dasar bunga yang akan menjadi bakal buah.


Tanaman tumbuh di permukaan air yang tenang. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yg terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.


Teratai merupakan tanaman air yang unik. Teratai yang tumbuh di air yang sangat berlumpur (kotor, coklat), warna bunganya lebih cemerlang. Warna bunga bila putih lebih putih, bila merah lebih merah, bila merah muda makin terang warnanya.


MANFAAT

Bisa digunakan untuk mengobati :

Batuk berdarah
Ambil rimpang teratai secukupnya, cuci sampai bersih, lalu potong-potong seperlunya kemudian kita buat jus, hingga terkumpul 1 gelas 200 cc, minum sekaligus.

Darah tinggi
Ambil 10 gram biji teratai dan 15 gram tunas biji teratai (lien sim), lalu kedua bahan tersebut rebus dengan 350 cc air hingga mendidih dan airnya berkurang menjadi 200 cc. Minum setiap hari seperti minum teh.

Obat disentri
Ambil 50 gram rimpang teratai dan 10 gram jahe, cuci sampai bersih, buat jus dengan cara diblender kemudian tambahkan air 100 cc, selanjutnya direbus sampai mendidih, setelah dingin tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk sampai rata lalu minum.

Obat mimisan
Ruas akar teratai dicuci sampai bersih selanjutnya kita blender, ambil airnya. teteskan air ramuan tersebut kehidung.

Obat diare
Ambil 50 gram rimpang teratai dan 15 gram jahe, buat jus kedua bahan tersebut, kemudian minum tiga kali sehari.


Sumber : Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar