Jumat, 11 Oktober 2013

MENIRAN


Meniran (Phylanthus urinaria) merupakan tumbuhan berasal dari daerah tropis yang tumbuh liar di Hutan-hutan, ladang-ladang, Kebun-kebun maupun pekarangan halaman rumah, pada umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Berbatang basah dengan tinggi kurang dari 50 cm.


Penelitian terbaru mengenai meniran, ternyata meniran bisa digunakan untuk penderita HIV AIDS, dimana ekstrak meniran bersifat sebagai adjuvant, terutama untuk meningkatkan T-helpernya. Adjuvant artinya membantu dalam menanggulangi suatu infeksi.

MANFAAT

Dapat digunakan untuk mengobati:

Sakit Kuning
16 Tanaman Meniran (akar, Batang, daun),2 gelas air susu ,tanaman meniran dicuci lalu ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air susu sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas,disaring dan diminum sekaligus. Lakukan setiap hari.

Malaria
7 Batang tanaman Meniran lengkap, 5 Biji bunga cengkeh kering, 1 potong kayu manis. Seluruh bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih, disaring dan diminum 2 kali sehari.

Ayan
17 - 21 batang tanaman meniran (akar, batang, daun dan Bunga) dicuci bersih, kemudian direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal ± 2,5 gelas, disaring dan diminum 1 kali sehari sehari 3/4 gelas selama 3 hari berturut-turut.

Demam
3-7 batang Tanaman meniran lengkap (akar, batang, daun dan bunga) dicuci bersih, kemudian diseduh dengan 1 gelas air panas ,disaring, kemudian diminum sekaligus.

Batuk
3 - 7 batang tanaman meniran lengkap (akar, batang, daun, bunga), madu secukupnya. Bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 3 sendok makan air masak, hasilnya dicampur dengan 1 sendok makan madu sampai merata, diminum sekaligus dan dilakukan 2 kali sehari.



Sumber : Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar