Rabu, 05 Desember 2012

JERUK BALI

Jeruk bali adalah jenis buah yang punya nama latin Citrus Maxima atau citrus grandis. Di pasar internasional, jeruk bali biasa disebut dengan sebutan pomelo. Orang melayu menyebutnya limau besar, di Thailand diberi julukan Ma o, di Philipina diberi nama lukban atau suha, cina memberi julukan dou you atau youzi, di Bangladesh disebut jambura dan di Jepang di sebut dengan Bontan.


Selain buahnya yang manis, yang juga bisa diolah dari jeruk bali adalah kulitnya yang tebal yang bisa dibikin manisan. Bunganya oleh orang-orang Vietnam biasa dijadikan bahan campuran parfum sementara kayu dari pohon jeruk bali biasa dibikin perkakas dapur. 

Habitat

Pohon jeruk bali termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering dan relatif tahan penyakit. Buah ini adalah buah musiman, bisa dipanen hanya dua kali saja dalam setahun. Usia pohon jeruk bali cukup panjang. Setelah berusia 23 tahun, pohon jeruk bali masih bisa berbuah.

Pengadaan Bibit

Penanaman jeruk bali yang banyak dilakukan di Indonesia adalah dengan cara cangkok. Cara ini dianggap lebih menguntungkan dibanding dengan penanaman secara biji atau stek, karena masa tanamnya lebih pendek. Pohon jeruk bali akan aktif berbuah pada tahun ketiga setelah penanaman. Namun untuk menghindari pohon kekurangan nutrisi, maka di awal-awal penanaman harus banyak dilakukan pemangkasan kalau dirasakan buah terlalu banyak.


Hama

Yang perlu diperhatikan dari budidaya penanaman pohon jeruk bali adalah ancaman hama berupa lalat buah dan kecabuk. Kecabuk biasanya membuat buah jeruk bali menjadi hitam. Untuk mengatasinya, diperlukan pestisida dan methyl eugenol. Sementara untuk lalat buah, yang diperlukan adalah perangkap.


Manfaat

Mencegah jerawat, flek atau noda bahkan kanker kulit, menurunkan risiko penyakit jantung, menyehatkan prostat, mampu menurunkan kadar kolesterol yang seringkali menyumbat saluran pembuluh darah jantung, membantu proses penyembuhan, menyembuhkan tukak lambung, mampu mengontrol diabetes agar tidak semakin parah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar