Jumat, 28 Desember 2012

ANGGREK DENDROBIUM

Dendrobium adalah jenis anggrek asli Indonesia yang mempunyai banyak warna, bentuk, serta aroma yang khas. Anggrek ini merupakan salah satu genus anggrek terbesar yang terdapat di dunia yang hidup di dataran rendah. Bentuk bunga Anggrek Dendrobium memiliki sepal yang bentuknya hampir menyerupai segitiga, dasarnya bersatu dengan kaki kolom untuk membentuk taji. Petal biasanya lebih tipis dari sepal dan bibirnya berbelah.


Menanam dendrobium tidak sulit, cukup sediakan media tanam dan bibit yang baik. Media tanam yang baik adalah yang tidak cepat lapuk, memudahkan akar menempel, berongga (porous) untuk sirkulasi udara, dapat menyimpan zat hara, serta tidak mudah menjadi sumber penyakit. Media tanam bisa berupa arang kayu dan pecahan genteng atau bata, tetapi untuk komersial, media yang digunakan biasanya hanya arang.


Seperti jenis anggrek lain, dendrobium dapat tumbuh sehat pada suhu 15-28 derajat celcius, dengan Kelembapan 60%-85%. Untuk mendapatkan kelembapan yang pas, penyiraman bisa dilakukan sekali atau kali sehari, tergantung cuaca. Dendrobium juga memiliki musuh, yakni kutu, ulat, dan jamur. Untuk itu, semprotkan insektisida atau fungsisida secara berkala, satu atau dua kali sebulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar