Senin, 24 Desember 2012

CEPLOK PIRING

Tanaman ceplok piring/jempiring/kaca piring (Gardenia jasminoides) merupakan bunga yang memiliki aroma yang khas dan tumbuh di daerah tropis. Asalnya dari Asia dan banyak tumbuh di Indonesia, Vietnam, China selatan, taiwan, jepang, india. ceplok piring adalah species tanaman perdu berumur tahunan dari suku Rubiaceae, bunganya berwarna putih dan sangat harum. Tanaman ini memerlukan kelembaban tinggi untuk mengembangkan bunganya.


Tanaman ini memilki ciri daun kecil, banyak cabang dan batang. Di sela cabang dan daun kerap kali muncul bunga berwarna putih yang menebarkan harum yang khas. Bunga ini sulit didapatkan dan hanya mampu berbunga pada saat-saat tertentu.


Ceplok piring mempunyai banyak khasiat. Tanaman ini mempunyai sifat yang mendinginkan dan rasanya pahit, umumnya mempunyai aktivitas pada jantung, liver, paru dan pencernaan. Karena itu masyarakat di Indonesia menggunakan tanaman ini dalam ramuan untuk mengatasi berbagai penyakit. Di samping itu bunga yang harum mempunyai nilai komersial untuk dibuat minyak wangi.

Manfaat

Kaca piring dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :
  • Diabetes mellitus. Daun 12 lembar direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga 1 gelas. Minum sekaligus dan ulangi setiap hari.
  • Sariawan. Daun 7 lembar diremas-remas dan tambah dengan 1 cangkir air dan disaring.campur denga 2 sendok makan madu sepotong gula aren.aduk sampai merata.
  • Demam. Daun 7 lembar diremas-remas dengan 1 gelas air dan disaring.campur dengan gula batu dan aduk sampai merata.
  • Sukar buang air besar. 3buah kaca piring direbus dengan 2 gelas air sampai tinggal 1 gelas air,minum.
  • Demam mengigau. Akar digiling halus ditambah gula pasir,dimakan sebagai obat demam yang disertai mengigau.
  • Muntah / mencegah muntah. Bunga segar secukupnya dimakan. Sukar kencing. Bunga segar secukupnya dimakan


1 komentar:

  1. Semua berita yang ada di website anda sangat menarik perhatian untuk di simak, salam sehat. . . !! Semoga beritanya dapat bermanfaat! share ya gan, thanks nih!!

    BalasHapus