Minggu, 25 November 2012

PLUM MERAH (PRUNUS DOMESTICA)

Di dunia ini terdapat ribuan jenis plum yang berbeda bentuk, ukuran, warna dan rasa. Plum dibedakan menjadi 2 jenis utama, yaitu : 

  • Plum Eropa (barat): berwarna merah tua keunguan, agak empuk, rasanya manis, namun kurang berair. 
  • Plum Jepang dan Asia Barat (oriental) : berwarna hijau kekuningan dan merah merata, rasanya asam manis dan berair banyak. 
Plum tumbuh liar sejak 2000 tahun yang lalu, dibudidayakan pertama kali oleh orang romawi, tumbuh di daerah bersuhu sedang hampir sepanjang tahun.


Bentuk buah ini bulat, berdiameter sekitar 3 cm. Buah muda berwarna hijau, sedang buah tua berwarna coklat kehitaman ditandai dengan buah yang agak lunak bila dipencet. Dalam daging buah bertekstur lembut dan terdapat beberapa biji yang berbentuk bulat pipih dengan jumlah sekitar 5-7 biji perbuahnya.

Perbanyakan tanaman ini masih relatif agak susah. Dengan metode cangkok ternyata perlu waktu lebih dari 3 bulan untuk keluar akarnya. Kalaupun keluar akar jumlahnya juga tidak begitu banyak. Tingkat kematian setelah turun cangkok juga relatif besar. Dari kurang lebih 15 cangkokan yang sudah turun, cuma hidup sekitar 5 batang saja.

Plum Dataran Rendah akan tumbuh lebih subur dan lebat jika ditanam di tanah. Tanaman serupa yang ditanam di tanah keliatan rimbun, bongsor dan dompolan buahnya lebih banyak dan rapat seperti buah anggur.

Manfaat Plum

Buah ini mengandung vitamin C, B1, kalsium, zat besi, fosfor, serat, kalium, serta asam oksalat. Plum sangat diandalkan sebagai sumber energi serta tonik untuk otak, sistem saraf, dan darah. Juga memiliki fungsi sebagai antibakteria, antivirus, pencahar, dan diuretika. Banyak dipakai untuk menyembuhkan penyakit liver, bronkitis, sembelit, diabetes, obesitas, tumor, penyakti kulit, mengatasi kembung, dan wasir.

Menyantap dua buah plum setiap hari dapat meningkatkan kerja pecernaan, mencegah sariawan dan gusi berdarah. Pencegahan osteoporosis dapat dicegah dengan mengonsumsi buah plum secara teratur.

Mengolah Plum

Cara mengawetkan plum yang terkenal adalah mengeringkan menjadi prunes. Dapat dilakukan secara alami dengan membiarkannya mengering di pohon, dijemur di bawah matahari atau dipanggang di dalam oven dengan suhu rendah. 

Bisa dibuat menjadi pie, kue tart, manisan, saos, es krim, mousse, soufflé, manisan, permen, dan selai. Di Cina, plum dibuat saos asam manis untuk disajikan bersama bebek peking dan olahan daging.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar