Senin, 19 November 2012

LONG MURBEY AMERIKA


Bentuknya  buahnya  lucu  kayak  ulat  dan  panjang.  Berasal  dari  benua  Amerika  dan sudah cukup  lama  beradaptasi  di negeri  kita. Murbei  adalah  sebuah  genus   yang  terdiri dari 10–16 spesies pohon tertentu yang asli berasal dari daerah panas sedang dan subtropis di Asia,  Afrika  dan  Amerika. Murbei tumbuh cukup cepat pada saat masih muda, namun kemudian tumbuh lambat dan tingginya jarang melebihi 10-15 m.

Daun Murbei merupakan daun sederhana berbentuk cuping dan menggergaji di bagian tepi. Buah murbei merupakan buah majemuk dengan panjang 2-3cm, berwarna merah bila masih mudah dan ungu tua bila ranum, dan dapat dimakan. Murbei terutama terkenal karena dedaunannya digunakan sebagai makanan ulat sutra. Selain itu, andalas (Morus macroura), salah satu spesies Murbei, sering digunakan kayunya untuk lantai rumah atau mebel karena kuat dan keras.

Sebuah penelitian yang dilakukan para ahli di Brunswick Laboratories, Amerika Serikat menemukan sari buah murbei mengandung zat anti penuaan atau yang dikenal dengan sebutan antioksidan yang tinggi. Kadarnya bahkan dua kali lipat lebih besar dibandingkan yang dikandung jeruk, cranberry ataupun blueberry. 

Buah murbei biasa dijadikan obat herbal yang tentunya punya bermacam khasiat diantaranya memperkuat ginjal, meningkatkan sirkulasi darah, mengatasi sukar tidur, batuk berdahak, pendengaran kurang, sembelit pada orangtua, sakit tenggorokan, sakit otot dan kurang darah. Menurut Green juru bicara para ahli, buah murbei dapat digunakan untuk melindungi tubuh dari flu dan penyakit lain dan zat antioksidannya juga membantu sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain mampu melindungi tubuh dari serangan virus dan kuman.

Pengobatan herbal dengan daun dan buah murbei : 
  • Untuk mengatasi darah tinggi, kaki bengkak : Siapkan 15gr daun murbei, cuci bersih lalu direbus dengan 2 gelas air selama 15 menit, dinginkan. Setelah dingin, saring lalu bagi menjadi dua bagian. Minum pagi dan sore
  • Memperbanyak ASI : Masak daun murbei menjadi sayur bening, makan dengan nasi seperti biasa. Bisul dan radang kulit : Rebus 1 genggam daun  murbei segar dengan 2 gelas air sampai  tersisa 1 gelas. Setelah dingin saring, kemudian minum sekaligus. Rebusan daun berguna membersihkan darah dan bisa diminum secara teratur.
  • Luka dan borok : Cuci atau bersihkan luka, olesi dengan minyak kelapa. Layukan daun murbei diatas api lalu remas-remas dengan tangan sampai lemas. Bubuhkan daun sampai menutup  luka. Diamkan sampai kering, lalu ganti dengan remasan daun baru setiap hari sampai luka sembuh.
  • Digigit ular : Gunakan 20 gr daun murbei segar lalu haluskan. Tambahkan ½ cangkir air lalu rebus. Setelah mendidih, saring dan peras daun, ambil sarinya untuk diminum.
  • Lemah jantung dan napas pendek bisa diatasi dengan mengkonsumsi rutin jus buah murbei.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar