Rabu, 21 November 2012

LENGKENG PUANGRAY


Tanaman buah lengkeng adalah tanaman buah sejenis Dimocarpus longan yang berasal dari daratan Asia Tenggara. Buahnya manis, menyegarkan dan sangat bermanfaatnya bagi tubuh manusia. Di Indonesia buah lengkeng sudah tidak asing lagi. Jika sudah musim buah lengkeng hampir di setiap pasar dan jalan protokol tempat biasa penjual buah dipenuhi oleh buah lengkeng.
Tanaman buah Lengkeng sebenarnya termasuk tanaman pelindung. Pohonnya bisa besar dan kokoh. Sehingga tanaman ini selain bisa dibudidayakan secara masal, sangat cocok untuk ditanam di pekarangan rumah. Yang fungsinya sebagai tanaman pelindung dan buahnya bermanfaat untuk dikomsumsi.


Lengkeng puangray memiliki ciri umum berdaun sedikit melengkung dengan cabang yang kokoh, buah besar, daging kering dan tebal, biji kecil. Berasal dari Thailand dan adaptif dataran rendah. Jumlah buah lebih lebat daripada varietas lengkeng pingpong.

Daging buah tidak berair seperti varietas lengkeng diamond river. Satu lagi kelebihan lengkeng puangray pada umur setahun pasca sambung sudah dapat berbuah. Sifat genjah itu didukung dengan frekuensi berbuah yang tinggi meski tanpa perlakuan khusus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar