Minggu, 25 November 2012

MAMEY SAPOTE

Buah ini berasal dari Florida, Amerika. Teksturnya padat, hampir mirip seperti ubi dan kaya akan pati. Rata-rata berat satu buah Mamey sapote bisa mencapai 700gr. Ketinggian pohon Mamey Sapote dapat mencapai 15 - 45 meter dengan kulit buah mirip tekstur kertas ampelas.



Buah mamey sapote berukuran panjang 10 hingga 25 cm dan memiliki lebar 8 -12 cm dengan daging buah berwarna oranye. Buah mamey sapote dapat dimakan langsung atau dinikmati dalam bentuk milkshakes atau ice cream dengan rasa kombinasi antara labu, ubi manis, dan cherry (maraschino cherries) bertekstur lembut seperti alpukat.

Ciri dan Karakteristik Mamey Sapote

Bisa tumbuh di berbagai jenis tipe tanah, terutama di area dataran rendah. Daerah tropis merupakan syarat utama untuk kehidupan buah ini, karena asal daerahnya juga dari kawasan tropis Amerika. Buah yang masih muda kulitnya keras dan rasanya sepat. Oleh karenanya, harus benar-benar masak dahulu sebelum dikonsumsi.

Cara mengetahui bila buah sudah masak adalah dengan menekan permukaan kulitnya buah.Jika sudah agak empuk, dan kulitnya mudah robek, berarti buah sudah matang. Rasanya manis dan harum jika sudah matang. 

Pohon Mamey Sapote dapat hidup sampai ketinggian 1000 meter diatas permukaan air laut dan tumbuh baik pada tanah yang kaya akan unsure organic dan memiliki drainage yang baik. Walaupun bibit asal biji dapat tumbuh dengan cepat, cara pembibitan Mamey sapote terbaik adalah melalui bibit asal grafting, dimana dengan cara ini akan diperoleh bibit dengan sifat asli induknya dan cepat berproduksi.

Sama halnya dengan menanam Wjite Sapote, untuk menanam Mamey Sapote, buatlah lubang setidaknya berukuran dua kali ukuran bola akar (atau 2X ukuran polybag/pot) bibit Mamey Sapote atau minimum lubang berdiameter 40cm dengan kedalaman 40 cm.

Buat campuran sempurna kompos pupuk kandang dan tanah dengan perbandingan 30 : 70 yang akan digunakan sebagai dasar dan untuk mengisi rongga disekitar bola akar bibit Mamey Sapote. Buatlah tanah disekitar pangkal batang lebih tinggi dari tanah sekitar untuk menciptakan kondisi drainage yang baik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar