Minggu, 25 November 2012

CENDANA INDIA (MYSORAM)


Cendana adalah nama jenis kayu pohon dari genus Santalum. Kayu ini digunakan sebagai rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, dan parfum. Kayu yang baik bisa menyimpan aromanya selama berabad-abad.


Konon di Sri Lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja sejak abad ke-9. Di Indonesia, kayu ini banyak ditemukan di Nusa Tenggara Timur, khususnya di pulau Timor. Berabad-abad lamanya, pulau Timor adalah pengekspor kayu cendana terbesar di Indonesia. Tetapi saat ini kedua jenis tanaman tersebut telah sulit ditemukan di pulau ini.


Kayu cendana India (Mysoram) kini sangat langka dan harganya sangat mahal. Kayu yang berasal dari daerah Mysoram di India selatan biasanya dianggap berkualitas terbaik. Kayu cendana dianggap sebagai obat alternatif untuk membawa orang lebih dekat kepada Tuhan. Minyak dasar kayu cendana, yang sangat mahal dalam bentuknya yang murni, digunakan terutama untuk penyembuhan Ayurvedik, dan untuk menghilangkan rasa cemas.

Untuk ekspor di masa-masa mendatang, cendana akan sangat berpotensi sebagai komoditas unggulan. Kayu cendana dipakai sebagai bahan dasar parfum, kemeyan, dan sabun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar