Senin, 25 Februari 2013

KENANGA



Kenanga (Canangaodorata) adalah nama bagi sejenis bunga dan pohon yang menghasilkannya. Ada dua forma kenanga, yaitu macrophylla, yang dikenal sebagai kenanga biasa, dan genuina, dikenal sebagai kenanga Filipina atau ylang-ylang. Selain itu, masih dikenal pula kenanga perdu (Canangaodoratafruticosa), yang banyak ditanam sebagai hiasan di halaman rumah.

Dengan aromanya yang harum, bunga kenanga yang berwarna hijau kekuningan itu, bersama melati dan kantil merupakan bunga kesayangan anggota keluarga keraton di kerajaan-kerajaan di Pulau Jawa.Pada keluarga bangsawan itu, kenanga lazim digunakan untuk bahan ‘ngadisalira’ (perawatan tubuh).Caranya bunga atau minyak kenanga itu di jadikan sebagai bahan untuk luluran sehingga akan menghasilkan kulit dan wajah yang lembut. Penggunaan wewangian dengan aroma kenanga sendiri menunjukkan kelembutan bagi yang pemakainya.




Untuk kosmetik, bagian tanaman yang banyak digunakan adalah ekstrak dari bunganya yang berwarna kuning kecoklatan. Bila digunakan dalam sabun akan mempunyai efek penyeimbangan untuk kulit berminyak maupun kulit kering. Di samping itu minyaknya dapat memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut. Sedang untuk urusan kecantikan, minyak kenanga di pakai dalam campuran masker dan lulur.Bunga kenanga hanya menghasilkan minyak atsiri yang baik untuk bahan pembuat parfum


Tidak ada komentar:

Posting Komentar