Jumat, 10 Mei 2013

JACARANDA

Jacaranda berasal dari Amerika selatan khususnya Brazil, Argentina dan Peru. Pohon ini sangat cocok tumbuh didaerah tropis apalagi dengan tanah perpasir dengan banyak sinar matahari dan suka dengan air. Pohon ini sangat indah jika ditanam sebagai pohon pelindung jalan, di halaman perumahan, taman kota atau boulevard bahkan dapat dimodifikasi sebagai karya seni sebagai bonsai.


Batang pohon bertekstur halus, percabangannya mudah diatur, memiliki daun yang kecil kecil serta mempunyai bunga yang sangat mempesona baik warna maupun bentuknya. Tinggi sekitar 20m dan memiliki diameter 40cm - 50cm pada batang utamanya. Bunga berwarna ungu, kelopak mahkota bunga berbentuk seperti terompet mini.

Pohon ini biasanya mulai berbunga setelah usia 2 tahun di puncak musim panas pada daerah tropis, pada bulan Oktober –November dikawasan Australia, di India sekitar bulan Maret/April dan Puerto Rico pada awal musim semi tiba.


Manfaat Batang dapat dipergunakan sebagai bahan meubel, daunnya sangat baik dan mudah dipakai sebagai pupuk kompos organik, getahnya dapat mengobati luka, bunganya selain indah mempesona dan tidak cepat layu juga menghasilkan nextar alami yang unggul sebagai bahan pembuat madu bagi lebah, bijinya dapat dikreasikan sebagai bahan untuk kerajinan karena mudah dibentuk dan tahan lama sedangkan akarnya konon dapat mengobati penyakit siphilis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar