Minggu, 22 Desember 2013

BUNGA BOKOR



Bunga bokor (Cydrangea macrophylla) merupakan tanaman hias yang populer dan disukai banyak orang karena bunganya yang besar. Biasa ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan atau di taman-taman. Bunga bokor bersifat sedikit beracun jika dimakan karena semua bagian tanaman mengandung glukosida sianogenik.


Tanaman ini memiliki tinggi 1 sampai 3 meter, tapi ada juga yang merambat di tanaman lain hingga mencapai ketinggian 30 meter. Daun berbentuk bulat telur, tepi beringgit, warna hijau muda berkilau. Bunga berwarna, biru, merah, merah jambu, atau ungu.


MANFAAT

Malaria
Rebus bunga bokor dan daun murbei masing-masing 9 g dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum dua jam sebelum terjadi serangan malaria.

Sakit tenggorok
Cuci akar segar bunga bokor secukupnya, lalu potong-potong seperlunya. Tambahkan cuka apel yang telah diencerkan secukupnya, giling sampai halus, lalu peras. Gunakan airnya untuk kumur tenggorok.

Ekzema pada kantung buah zakar
Cuci bunga bokor, bayam duri dan daun ketepeng secukupnya, lalu rebus sampai mendidih. Setelah dingin gunakan untuk mencuci dan mengompres bagian yang ekzema.


1 komentar:

  1. Terimakasih, postingan-nya sangat bagus sekali. Senang sekali berkunjung ke blog anda. saya bantu share ya gan? semoga dapat bermanfaat buat kita semua. Amin :D :D

    BalasHapus